Pesona Wisata Pantai Kalipat Nusakambangan

Nusakambangan merupakan sebuah pulau yang secara administrasi masuk wilayah Kabupaten Cilacap. Nusakambangan dikenal sebagai pulau napi atau sebagai tempat Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) untuk kasus tingkat berat seperti teroris dan bandar narkoba. Namun siapa sangka di balik angkernya Nusakambangan menyimpan pesona wisata yang indah. Pantai pasir putih dan bebatuan karang yang elok. Dari beragam tempat wisata yang indah di Nusakambangan tersebut salah satunya adalah Pantai Kalipat yang memesona.

Ada beberapa pantai dengan pasir putih di Pulau Nusakambangan, yang saya tahu yaitu, Pantai Kali Kencana, Pantai Kalipat, Pantai Karang Bandung, Pantai Selok Pipo, Pantai Karang Pandan dan pantai-pantai yang lain yang saya tidak hafal namanya. 

Konon Pantai Kalipat merupakan sebuah pertemuan 4 buah mata air sungai jernih yang bermuara di situ hingga dinamai kalipat atau kalinya ada empat.

Kebanyakan orang yang pernah kesana mengatakan bahwa Pantai Kalipat ialah surga tersembunyi. Yap bagaimana tidak, butuh waktu kurang lebih 2 jam perjalanan kaki untuk sampai ke pantai tersebut. Kondisi pantai yang masih begitu alami, asri dan panorama yang begitu indah akan membuat takjub setiap mata yang memandang.

Rute Perjalanan ke Kalipat

Destinasi wisata Pantai Kalipat terletak di pulau Nusakambagan. Untuk menuju ke sini harus menyeberang menggunakan perahu bercadik.

wisata_nusakambangan_folder_desa
Perjalanan menuju Nusakambangan menggunakan perahu bercadik dengan mesin tempel. Pastikan pelampungmu terpakai. (esti fitria untuk Folder Desa)

Kamu dapat menyewa perahu dengan kapasitas 12 orang dari Pantai Teluk Penyu menuju Pantai Karang Pandan. Perlu diketahui Pantai Karang Pandan ialah tempat transit perahu dan satu-satunya di pesisir pantai Nusakambangan yang memiliki warung di lokasi tersebut. Pastikan bekalmu cukup sebelum memulai perjalanan menuju Kalipat usai menyeberang. Sebabsetelah itu berjalan membelah hutan dan pastinya tidak ada lagi warung di Pantai Kalipat.

Setibanya di Pantai Karang Pandan, perjalanan berlanjut dengan berjalan kaki menyusuri hutan selama kurang lebih 2 jam untuk sampai ke Kalipat. Mengingat perjalanan jauh dan harus jalan kaki, kalian harus bisa prepare atau menyiapkan waktu dengan baik supaya dapat menikmati indahnya Pantai Kalipat dengan puas dan tidak menghabiskan waktu hanya diperjalanan.

Berjalan Kaki Sekitar 2 Jam

Pantai Kalipat memang buka 24 jam non stop, namun perlu diingat penyeberangan dibatasi hanya sampai jam 16.00 WIB.

Pemandangan menakjubkan dijumpau sepanjang hutan dari Pantai Karang Pandan menuju Pantai Kalipat. Hutan yang masih asri, dan rimbunya pepohonan membuat teduh sehingga tidak perlu takut akan terbakar sinar matahari.

wisata nusakambangan folder desa
Perjalanan dari Pantai Karang Pandan menuju Pantai Kalipat Nusakambangan ini harus dilalui dengan berjalan kaki sekitar 2 jam. Pastikan bekalmu cukup dan sebaiknya persiapkan waktu dengan baik.

Di sepanjang perjalanan kalian akan menjumpai goa yang menjadi markas tentara belanda pada zaman kolonial. Bahkan akan ditemukan beberapa benteng yang tertutup rermbunan pohon.

BACA JUGA :

  1. Menikmati Keindahan Pantai Menganti, Ini Spot yang Bisa Kamu Kunjungi
  2. Ciwidey Pesona Wisata Bandung Selatan yang Romantis dan Instagrammable

Hal lain yang lebih mengasyikan ialah kalian dapat melihat monyet jika beruntung. Karena monyet-monyet tersebut kadang-kadang muncul kadang-kadang juga tidak, tergantung mood mereka mungkin kali yah hehe. Namun jangan risau karena monyet di sini tidak akan mengganggu para pejalan kaki, mereka enggan untuk mendekati manusia yang lewat. Para monyet tersebut hanya berlarian dan bergelantungan di pepohonan.

Karena jalan yang masih asli dan alami, kadangkala akan menjumpai jalanan yang licin. Jalan agak licin dikarenakan banyak sumber mata air yang keluar di sana sehingga kalian harus hati-hati saat berjalan.

Yah namanya juga “surga tersembunyi”, butuh perjuangan ekstra untuk mencapai tempat tersebut . Seperti pepatah bilang, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian, setelah perjalanan yang melelahkan kalian akan dimanjakan dengan pesona indah Pantai Kalipat.

Biaya Masuk ke Objek Wisata Pantai Kalipat

Karena letaknya di pulau Nusakambangan dan belum banyak dijelajah oleh wisatawan, membuat destinasi wisata tersebut masih tersembunyi dan asri. Tidak ada biaya masuk seperti halnya destinasi wisata lainya, kalian hanya perlu membayar biaya transportasi untuk menyeberang ke pulau tersebut.

wisata pantai kalipat nusakambangan

Di pantai teluk penyu kalian akan ditawari beberapa perahu yang akan mengantarkan kalian untuk sampai ke pantai karang pandan. Pintar-pintar kalian saja mau nawar harga berapa. Kalian bisa dapat harga mahal jika tidak menawar, begitupun sebaliknya.

Untuk biaya sewa perahu kalian perlu merogoh kocek sebesar 35.000 perorang, namun jika kalian bisa menawar kalian bisa dapat dengan harga 20.000 per orangnya. Kalian tidak usah risau karena biaya tersebut untuk biaya pulang pergi.

Tukang perahu memiliki tanggung jawab atas diri kalian selama belum pulang. Jadi wajib untuk mencatat nomor tukang perahu tersebut guna kasih kabar keulangan kalian nantinya. Diperahu juga disediakan pelampung untuk jaga-jaga kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan jika perahu oleng.

Spot Wisata Di Pantai Kalipat

Ada spot wisata apa saja di Pantai Kalipat? Apakah hanya pantai-pantai saja?

1. Pantai Pasir Putih Menjadi Salah Satu Pesona Wisata Kalipat Nusakambangan

Pasir putih yang berhadapan langsung dengan Pantai Selatan menambah nilai keindahan Pantai Kalipat.

wisata pantai kalipat nusakambangan
Pasir putih di Pantai Kalipat Nusakambangan. Pantainya bersih dan airnya jernih. Namun sebaiknya hati-hati jika berenang karena ombak Samudera Hindia yang besar dan kuat. Di tepiannya saja cukup

Pasir putih yang sangat bersih dan putih dapat memanjakan mata kalian. Kalian bisa bermain pasir, berfoto, tidur-tiduran di pasir tersebut.

2. Pantai

Keheningan Pantai Kalipat tersebut bisa digunakan untuk menikmati alam dan pantai dengan khidmat. Selian itu, hutan dan pegunungan menambah eksotis pantai tersebut.

pantai kalipat nusakambangan folder desa

Saya berkunjung ke pantai ini beberapa tahun lalu yang mana pantai tersebut masih benar-benar tersembunyi dan belum banyak yang tahu. Di sini hanya menikmati pasir putih dan pantai tersebut saja. Berenang dan main pasir sekaligus berfoto-foto ria bersama teman-teman.

Namun sekarang menurut beberapa orang yang sudah ke sana lagi, sudah tersedia spot foto yang dapat digunakan. Selain  itu, sudah ada fasiltas toilet umum.

Terumbu Karang

Nah bagi kalian yang hobi berenang dan snorkeling, kalian akan dimanjakan dengan indahnya surga bawah laut Pantai Kalipat. Yah terumbu karang di sana masih indah dan bagus tentunya masih alami loh guys. Jangan lupa untuk berenang namun hati-hati.

Pemandangan

Karena letaknya yang tersembunyi dan berada di pesisir hutan, menjadikan pemandangan Pantai Kalipat memesona. Indahnya Pantai Kalipat tak jauh dari pantai-pantai yang ada di Bali lho.

wisata_pantai_kalipat_nusakambangan_folder_desa

Semoga ulasan kali ini dapat menambah daftar list wisata kalian selanjutnya yang belum memiliki rencana. Oiya jangan lupa bawa bekal makan dan minum seperti piknik ya, karena di Pantai Kalipat tidak ada warung makan. Jangan lupa juga untuk mengabadikan moment, karena cerita tanpa bukti bisa dianggap mitos hehe. (Esty Fitria)

Tinggalkan komentar