Ciwidey Pesona Wisata Bandung Selatan yang Romantis dan Instagrammable

Ingin menikmati pesona alam pegunungan yang indah, maka Ciwidey yang terletak di Bandung Selatan, Provinsi Jawa Barat adalah gudangnya. Banyak tempat indah berkesan romantis di sini. Jangan terlena saat berkunjung di Ciwidey, abadikan banyak gambar di sini dengan kameramu, sebab banyak tempat wisata yang benar-benar instagrammable.

Udaranya sejuk, alam pedesaan yang indah, areal hutan yang luas, kebun teh sejauh mata memandang, kawah putih dan pemandian air panas benar-benar memanjakan mata. Selain itu tersedia bermacam-macam penginapan yang menawarkan beragam konsep. Mulai dari home stay, hotel hingga penginapan berupa kemah mewah di tengah alam.

Akses transportasi menuju Ciwidey relatif gampang. Bisa ditempuh menggunakan sepeda motor, mobil pribadi ataupun naik angkutan umum. Bila menggunakan kereta api maka turun di Stasiun Bandung lalu dilanjutkan naik angkutan umum menuju Terminal Leuwi Panjang.

Dari Terminal Leuwi Panjang dilanjutkan dengan naik mini bus menuju Ciwidey. Setelah itu perjalanan dilanjutkan naik angkudes jurusan Situ Patenggang dan turun di depan gerbang masuk Kawah Putih. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Ciwidey, Folder Desa menyajikan tujuh diantaranya.

1. Kawah Putih

Wisata Kawah Putih termasuk salah satu objek wisata populer di Ciwidey, Bandung denganspot selfie yang benar-benar instagrammable. Kawah Putih ini berlokasi di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali. Kawah ini sebenarnya merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

kawah putih obyek wisata ciwidey instagrammable

Seperti namanya, kawah ini berisi tanah dan batuan berwarna putih dengan air panas yang mengepulkan asap diantara perbukitan hijau. Atmosfernya yang begitu magis menyedot banyak pengunjung untuk datang, terutama di hari libur.

Warna putih pada Kawah Putih bukan karena kebetulan. Tersusun karena campuran belerang dengan sejumlah unsur ditambah suhu yang tinggi. Dengan batuan dasar dan pasir berwarna putih membuat warna air kawah berwarna hijau menciptakan keindahan yang memesona.

Yang menjadikan kawah putih ini begitu indah karena didukung juga panorama alam sekitarnya. Sejak gerbang masuk kawah akan disambut dengan hutan yang masih menghijau. Dari gerbang ini kendaraan pribadi tidak boleh naik ke kawah putih.

Bagi yang Tidak Kuat Dingin Kenakan Jaket saat di Kawah Putih

Bus maupun kendaraan pribadi harus parkir di areal parkir yang sudah tersedia. Pengunjung akan diminta naik ontang-anting, angkutan mirip angkot atau angkudes namun dengan kaca dan pintu lebih terbuka. Sehingga pengunjung bisa menikmati segarnya udara pegunungan.

kawah putih ciwidey bandung selatan

Saran Folder Desa tetap pakailah jaket bagi yang tidak kuat udara dingin, karena udara menuju maupun di sekitar kawah memang dingin. Kawah Putih terletak pada ketinggian 2194 mdpl. Suhu di sekitar kawah bisa turun hingga 8 derajat celcius saat puncak kemarau hingga suhu 22 derajat celcius saat siang hari di musim penghujan.

BACA JUGA : Wisata Dieng dengan Panorama di Atas Awan

Sesekali bisa menggambil gambar. Dari pintu gerbang memakan perjalanan sekitar 15 menit dengan pemandangan hutan yang menghijau.

Di puncak Kawah Putih akan disambut dengan Hutan Cantigi. Tanaman Cantigi Ungu atau masyarakat Indonesia menyebutnya Cantigi Gunung merupakan tanaman khas pegunungan di Indonesia terutama Jawa dan biasanya tumbuh di atas ketinggian 1.000 mdpl.

Bahkan dalam kondisi ekstrem di sekitar kawah, tanaman ini tetap bisa tumbuh. Bunganya ungu kemerahan, buahnya berwarna kehitaman agak manis dan daunnya bisa dipakai lalapan.

Rerimbunan Cantigi yang Instagramable

Dari puncak ada jalan menurun Kawah Putih. Di sekitar jalan menurun ini tumbuh rerimbunan tanaman Cantigi. Semakin mendekati kawah, tanaman Cantigi akan terlihat meranggas.

cantigi kawah putih Ciwidey
Tanaman Cantigi di sekitar Kawah Putih

Bahkan beberapa tanaman tumbuh hanya dengan batang dengan sedikit daun. Meski kecil kesannya tanaman itu sangat tua. Ini kian menambah eksotisme Kawah Putih.

Sesampai di area Kawah Putih bau belerang akan menyengat. Bila tidak tahan dengan baunya, bisa memakai masker. Tidah usah khawatir banyak penjual di jalan menuju kawah.

Namun bila tetap tahan dengan baunya, ya asyik-asyik saja. Di sini banyak spot foto selfi yang menarik. Seperti berfoto di atas tanah putih berbelerang dengan latar belakang kawah putih yang menghijau dan mengepulkan asap, berfoto di antara hutan cantigi, atau berdiri diatas jembatan kayu di atas kawah.

Sekitar setengah jam sudah cukup di area kawah. Untuk durasi waktu lama, di areal kawah putih ini tidka direkomendasikan, karena aroma belerangnya.

2. Kebun Teh Rancabali

Kebun Teh Rancabali ini hanya berjarak sekitar 500 meter dari gerbang Kawah Putih. Perkebunan teh ini terletak di Kecamatan Rancabali, kecamatan yang merupakan pemekaran dari Ciwidey. Kebun teh ini sangat luas, sejauh mata memandang terlihat hamparan kebun teh dikelilingi perbukitan. Udaranya segar dan sejuk.

obyek wisata ciwidey insatgramable

Kebun teh ini menjadi spot selfi yang instagramable bagi para wisatawan berkunjung ke Ciwidey atau Rancabali. Banyak spot selfi yang menarik dan gratis, yang terpenting jaga tanaman teh tersebut dan jangan merusaknya.

Wisatawan bisa berfoto di antara hamparan kebun teh yang tertata rapi. Ditanam pada perbukitan namun tertata dengan rapi. Suasananya sangat asri. Atau kalau mau, berjalan sebentar naik bukit kemudian mengambil gambar dengan latar belakang kebun teh.

Di Kebun Teh Rancabali ini juga batu berukuran besar di antara hamparan tanaman teh. Duduk atau berdiri di atas batu menjadi pilihan para wisatawan untuk mengabadikan gambar.

Setelah puas, menikmati foto-foto bisa dilanjutkan ke Pabrik Teh. Melihat proses pengolahan teh sembari mencari oleh-oleh teh khas Bandung.

3. Situ Patenggang

Situ Patenggang merupakan danau alam yang instagramable, terletak di kawasan wisata Ciwidey, Bandung Selatan. Terletak di ketinggian 1600 mdpl, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik.

situ patenggang
Situ Patenggang (Photo by sendi gibran on Unsplash)

Situ Patenggang memiliki luas sekitar 45.000 hektare. Sekeliling Situ Patenggang berupa kebun teh dan perbukitan. Ini membuat pemandangan alam di sekitar danau ini benar-benar asri.

4. Bermalam di Glamping Lake Side dan Makan di Phinisi Resto

Berkunjung ke Ciwidey tidak perlu khawatir soal penginapan. Merupakan daerah tujuan wisata, banyak penginapan bertebaran di wilayah ini. Ada banyak ragam konsep menginap di Ciwidey. Mulai dari hotel, home stay maupun penginapan dengan tenda atau camping di alam dengan fasilitas yang tak kalah dengan hotel. Konsep menginap ini disebut Glamping (Glamorous Camping).

glamping lakeslide wisata ciwidey instagrammable bandung selatan

Di Rancabali salah satu tempat menginap dengan konsep glamping, yaitu Glamping Lake Side. Lokasinya terletak di tepi Situ Patenggang di antara perkebunan teh.

Dari Glamping ini akan terlihat panorama Gunung Patuha, perkebunan teh dan Situ Patenggang. Untuk masuk ke lokasi ini ada tiket masuk Rp 20.000. Namun biar gampang pakai saja tiket terusan Rp 50.000 per orang. Itu di luar parkir.

Untuk ongkos menginap di Glamping Lakeside sebesar Rp Rp 1.570.000 hingga Rp 2.016.000 per malam.

BACA JUGA : Pantai-pantai yang Indah di Gunung Kidul, Yogyakarta

Selain menginap, wisatawan juga bisa menikmati makan di Phinisi Resto. Ini merupakan restoran berkonsep kapal Phinisi di tepi danau. Pengunjung bisa menikmati ragam makanan khas Sunda di sini.

Sebelum masuk ke resto mesti deposit uang terlebih dulu menggunakan kartu magnetik. Deposit ini dipakai untuk makan di resto Phinisi.

5. Teras Bintang

Menikmati kebun teh tentu lebih asyik jika dari ketinggian. Tak jauh dari Glamping Lakeside ada gardu pandang berukuran 10 meter berbentuk bintang. Cukup berjalan sekitar 15 hingga 20 menit akan tiba di gardu pandang. Gardu pandang ini dinamai Teras Bintang.

teras bintang

Dari atas Teras Bintang ini akan terlihat panorama 360 derajat kebun teh Rancabali. Selain itu juga bisa menikmati pemandangan Situ Patenggang.

Di Teras Bintang ini juga tersedia teleskop bagi wisatawan yang ingin melihat panorama alam yang lebih jauh. Teras Bintang juga merupakan spot selfi yang menarik dan instagrammable serta banyak diburu saat wisata ke Ciwidey.

6. Pemandian Air Panas

Terletak di daerah pegunungan yang memiliki kawah, ada beberapa sumber air panas di wilayah Ciwidey yang menjadi pemandian.

Walini
Walini (Foto : Cep Budhi Darma : Commons Wikipedia)

Olah para wisatawan pemandian air panas ini menjadi tujuan relaksasi saat menginap di Ciwidey. Dua diantara pemandian air panas di Ciwidey adalah pemandian air panas Ciwalini dan Pemandian Air Panas Ciwidey Valey.

Pemandian Air Panas Ciwalini berlokasi tak jauh dari gerbang masuk Kawah Putih dan terletak di antara kebun teh. Tiket masuknya Rp 20.000 di luar ongkos parkir.

Pemandian air panas ini sudah dalam bentuk kolam yang bersih dan luas. Airnya jernih dan minim aroma belerang. Selain itu juga ada kolam air panas untuk dewasa dan ada pula untuk anak-anak.

Bila ingin menikmati kolam cukup dengan keluarga, bisa menikmati kolam air hangat keluarga. Hanya saja perlu membayar biaya yang lebih banyak. Sedangkan Pemandian Air Panas Ciwidey Valley terletak di Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort.

Jadi ini merupakan penginapan yang juga menyediakan pemandian air panas untuk umum. Di sekitar pemandian air panas ini juga ada taman bermain untuk anak-anak.

7. Ranca Upas

Ranca Upas ini merupakan kawasan wisata yang instagrammable di Ciwidey. Kawasan ini terletak di Cai Ranca Upas. Ini merupakan tempat wisata dengan fasilitas area camping yang terenal di bandung.

ranca upas wisata instagramable
Kawasan Camping Ranca Upas Ciwidey (Photo by Ridwan Kosasih on Unsplash)

Memiliki luas sekitar 215 hektare, Ranca Upas dikelilingi hutan lindung yang asri. Ada beberapa fasilitas yang tersedia bagi wisatawan yang berkunjung ke Ranca Upas. Seperti Ranca Upas Smart Camp Adventure, Penangkaran Rusa Ranca Upas Ciwidey, Pemandian Air Panas Kampung Cai Ranca Upas, area outbond, kafe dan taman selfie. (lina kusniati)

Tinggalkan komentar